DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DALAM MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG DI DENGAR MELALUI KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, METODE BERCERITA DAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA PERMATA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-24


ABSTRAK

Putri, Rizka Permata. 2021, “Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dalam Menceritakan Kembali Cerita yang di dengar melalui Kombinasi Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok A di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin ”. Skripsi S1 Perndidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar M.Pd.

Kata Kunci: Bahasa,Metode Bercerita dan Model Picture and Picture

Rendahnya kemampuan bahasa anak dalam menceritakan kembali cerita yang di dengar hal ini di karenakan kurangnya komunikasi yang banyak dari guru kepada anak, kurangnnya stimulasi dari guru dalam mengembangkan aspek bahasa anak untuk membuat anak lebih percaya diri, dan penggunaan media yang kurang menarik sehingga anak menjadi bosan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan hasil pengembangan anak dalam menceritakan kembali cerita yang telah di dengar menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok A di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah: Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Obsrvasi, 4. Refleksi. Instrument yang digunakan observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa. Subyek penelitian adalah anak kelompok A TK Islam Madinturramlah Banjarmasin dengan anak berjumlah 14 orang. Dengan indikator keberhasilan aktivitas guru minimal mencapai skor ≥33 dengan kreteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil secara klasikal ≥82% dengan kreteria hampir seluruh anak ≥ aktif dan untuk hasil perkembangan bahasanya nya secara klasikal mencapai ≥ 82% anak memperoleh minimal bintang atau berkembang sesuai harapan (BSH) dari seluruh anak.

Hasil penelitian menggunakan kombinasi Model Picture and picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa dalam menceritakan kembali cerita yang di dengar.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel dapat meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam menceritakan kembali cerita yang di dengar dengan ini di harapkan kepada guru dapat menggunakan Model Picture and Picture, Metode Bercerita dan Media Papan Flanel dapat di jadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, anak dan hasil perkembangan anak dalam menceritakan kembali cerita yang di dengar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI