DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN MATARAMAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:VITRIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-24


 

ABSTRAK

 

Vitria. 2021. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru SD Negeri Se-Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: (1) Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D (2) Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru

 

Kinerja guru merupakan faktor utama dalam proses pembelajaran dengan kata lain adanya peningkatan dalam mutu pendidikan tidak terlepas dari peran guru sebagai unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan. Banyak faktor yang dikatakan berperan penting memberikan kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru antara lain faktor kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perilaku kepemimpinan transformasional kepala sekolah, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan kinerja guru; (2) hubungan kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru; (3) hubungan kepemimpinan transformasional dengan kepuasan kerja; (4) hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru; (5) hubungan lingkungan kerja dengan kepuasan kerja; (6) hubungan kepuasan kerja dengan kinerja guru; (7) hubungan kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja; (8) hubungan lingkungan kerja dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 118 orang guru. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Analisis data untuk menguji hubungan pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan langsung: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 0.479, (2) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kepuasan kerja sebesar 0.506, (3) lingkungan kerja dengan kinerja guru sebesar 0.588, (4) lingkungan kerja dengan kepuasan kerja sebesar 0.633, (5) kepuasan kerja dengan kinerja guru sebesar 0.627; dan hubungan tidak langsung (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0.317, 7) lingkungan kerja dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja sebesar 0.397.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, lingkungan kerja dan kepuasan kerja dengan kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar.

 

Disarankan bagi kepala sekolah penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan yang dapat dipertimbangkan untuk menyempurnakan dan meningkatkan perilaku/peran kepemimpinan di sekolah guna peningkatan pada lingkungan kerja baik fisik maupun non-fisik, kepuasan kerja yang nantinya akan berimbas pada peningkatan kinerja guru. Bagi guru diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan refleksi diri dan sebagai input dalam usaha menciptakan lingkungan kerja yang produktif, meningkatkan kepuasan kerja serta kinerja.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI