DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI TERHADAP SISWA LAKI-LAKI PADA MATA PELAJARAN SBK (SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN) DI SMK NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:Marisa Nafilah
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-10-27


Kata Kunci: Penerapan, Strategi Pembelajaran, Seni Tari, Mata Pelajaran SBK
(Seni Budaya dan Keterampilan)
Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMK Negeri 5 Banjarmasin ditemukan
masalah rendahnya ketertarikan siswa laki-laki kelas X TKJ A(Teknik Komunikasi
Jaringan) pada mata pelajaran SBK (Seni Budaya dan Keterampilan) khusunya pada
pembelajaran seni tari. Untuk mengatasi hal ini guru perlu memilih sebuah strategi
pembelajaran seni tari untuk memperbaiki proses pembelajaran, adapun strategi yang
digunakan yaitu dengan penerapan media audio visual dan model langsung. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana proses dan hasil penerapan strategi
pembelajaran seni tari terhadap siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah 17 orang siswa laki-laki kelas X TKJ A.
Teknik pengumpulan data meliputi : 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Setelah
data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan
penerapan strategi pembelajaran seni tari terhadap siswa laki-laki membuahkan hasil
yang positif, pada pertemuan pertama dan kedua belum terlihat ketertarikan siswa lakilaki
dalam proses pembelajaran. Namun, pada pertemuan ketiga strategi guru
mendatangkan penari dari sanggar terlihat perubahan ketertarikan siswa dalam proses
pembelajaran, hal ini di dapat dari hasil pengamatan kegiatan guru dan siswa selama
proses pembelajaran berlangsung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI