DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS CAPITAL ASSET PRICING MODEL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (STUDI INDEKS PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2020)
PENGARANG:FAYA NURANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-28


Faya Nurani, (2021) Analisis Capital Asset Pricing Model (CAPM) terhadap Pengambilan Keputusan Investasi Saham (Studi Indeks Perusahaan Industri Barang Konsumsi di BEI periode 2017-2020).

Pembimbing: Enny Hardi, SE, M.Si, Ak, CA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui apakah saham-saham yang dipilih termasuk saham efisien atau saham tidak efisien menurut pendekatan Capital Asset Pricing Model (CAPM) dilihat dari sisi risiko dan return-nya..

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdapat di BEI pada periode 2017-2020. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 32 perusahaan industri barang konsumsi berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Capital Asset Pricing Model dengan program Microsoft Excel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang berbanding terbalik atau non linear antara risiko sistematis beta dengan tingkat keuntungan yang diharapkan. (2) Terdapat 17 saham yang termasuk saham efisien yaitu ADES, BUDI, CEKA, DLTA, DVLA, ICBP, INAF, KAEF, KICI, KINO, MYOR, PSDN, PYFA, RMBA, SIDO, ULTJ, dan WIIM. Saham-saham tersebut memiliki nilai Ri > E(Ri), Keputusan investasi yang harus dilakukan investor adalah membeli saham tersebut.

Kata Kunci: CAPM, Beta, Saham Efisien

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI