DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Kulit Batang Tandui (Mangifera rufocostata Kosterm.) Asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:MONICA FAJARIAWATI -038
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-29


ABSTRAK

 

IDENTIFIKASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG TANDUI (Mangifera rufocostata Kosterm.) ASAL KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH (Oleh: Monica Fajariawati; Pembimbing: Sutomo & M. Ikhwan Rizki; 2021; 76 halaman)

 

Tumbuhan Tandui(Mangifera rufocostata Kosterm.), merupakan salah satu jenis tumbuhan dari keluarga Anacardiaceae. Tumbuhan M. rufocostata secara empiris dimanfaatkan sebagai antidiabetes dan stroke. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui golongan senyawa yang terkandungpada ekstrak etanol kulit batang M. rufocostata yang berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan menentukan aktivitas antioksidannya berdasarkan parameter IC50.Golongan senyawa yang ditentukan dengan metode uji tabung dan aktivitas antoksidan ditentukan dengan metode DPPH. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol kulit batang M. rufocostata asal Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengandung senyawa golongan alkaloid, fenol, flavonoid, saponin, dan tanin. Profil KLT dengan pemisahan yang baik ditunjukkan oleh kromatogram dengan eluen n-heksan:etil asetat (3:7) v/v.Aktivitas antioksidan pada ekstrak etanol kulit batang M. rufocostata masuk dalam kategori sangat kuat dengan nilai IC50 sebesar 8,254 ppm.

 

 

Kata kunci: Tandui, Mangifera rufocostata Kosterm.,metabolit sekunder, Antioksidan; DPPH

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI