DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Efikasi Diri Tentang Manajemen Hipertensi dengan Kepatuhan Minum Obat Hipertensi Pada Lansia (Studi Korelasi di Desa Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah)
PENGARANG:RAMADANISA IHTIANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-29


ABSTRAK

 

Latar Belakang: Lansia secara alami akan mengalami penurunan kesehatan sehingga rentan terserang penyakit. Penyakit yang sering dialami lansia adalah hipertensi.Lansia yang menderita hipertensi harus mampu merawat dan mengontrol dirinya untuk mencegah terjadinya komplikasi dengan salah satu terapinya adalah minum obat hipertensi. Kepatuhan lansia dalam minum obat perlu diperhatikan karena mengakibatkan  tekanan darah yang tidak stabil. Salah satu faktor penentu untuk meningkatkan derajat kesehatan pasien hipertensi adalah efikasi diri yaitu keyakinan pasien terhadap pengobatan.

 

Tujuan: Menganalisis hubungan efikasi diri tentang manajemen hipertensi dengan kepatuhan minum obat hipertensi pada lansia di Desa Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Metode:Penelitian ini menggunakan metode non-eksperimental dengan desain korelasional, pendekatan yang digunakan adalah cross sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik non-probality sampling dengan jenis total sampling.Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 orang lansia dengan hipertensi.Pengambilan data dilakukan dengan mengisi kuesioner.Analisis data menggunakan Uji Spearman.

 

Hasil: Pada penelitian ini terdapat hubungan positif dengan keeratan hubungan yang sedang antara efikasi diritentang manajemen hipertensi dengan kepatuhan minum obat hipertensi pada lansia di Desa Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah (P-Value = 0,004 a<0,05, r= 0,433)

 

Diskusi: Efikasi diri yang tinggi tentang manajemen hipertensipada pengobatannya akan memperjelas tujuan yang ingin dicapai salah satunya meningkatkan kepatuhan minum obat.

 

 

Kata kunci: Hipertensi, Efikasi Diri, Kepatuhan Minum Obat, Lansia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI