DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM INFORMASI LAYANAN KENAIKAN GAJI BERKALA GURU DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:HASANAH SALSABELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-29


HasanahSalsabela.1810411620007.2021Implementasi Program Sistem Informasi Layanan Kenaikan Gaji Berkala Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong”. dibawahbimbingan M.Nur Iman Ridwan

Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong mempunyai tugas melaksanakan kewenangan otonomi daerah di bidang pendidikan dan kebudayaan serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati Tabalong.

Sistem informasi layanan kenaikan gaji berkala guru diberi nama Si Langkar merupakanproyek perubahan Sekretariat Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong bertujuan untuk membantu dalam mempercepat usul kenaikan gaji berkala guru maupun mempercepat penerbitan Surat Keputusan (SK) Kenaikan Gaji Berkala bagi guru. Sesuai namanya aplikasi Silangkar ini diharapkan akan mempercantik sistem layanan yang ada di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong khususnya layanan terhadap para guru dan masyarakat secara umum.

Penelitian ini berjudul “Implementasi Sistem Informasi Layanan Kenaikan Gaji Berkala Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program sistem informasi layanan kenaikan gaji berkala Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program sistem informasi layanan kenaikan gaji berkala Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.

Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatif,denganteknikpengumpulandataberupaobservasi,wawancara,dokumentasi, studipustaka dan penelusuran data online.Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Informan kunciterdiri atas yaitu Kasubbag Umum dan Kepegawaian, admin Silangkar, Staf Umum dan Kepegawaian, dan guru PNS di lingkungan pemerintahan Kabupaten Tabalong.

Implementasi program sistem informasi layanan kenaikan gaji berkala guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong ini menunjukkan adanya terobosan dalam pelayanankenaikan gaji berkala untuk guru PNS yang bekerjasama Badan KepegawaianPendidikan dan Pelatihan (BKPP). Implementasi program sistem informasi layanan kenaikan gaji berkala guru menggunakan teori Edward III untuk menentukanfaktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesanimplementasi kebijakan dilihat dari faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kesuksesan implementasi kebijakan. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum berjalan dengan efektif karena masih terdapat kendala, salah satunya adalah dari implementor program SILANGKAR yang terkesan kurang berkompetensi dalam pelayanan kenaikan gaji berkala. Faktor-faktor yang dapat mendorong kesuksesan pelaksanaan program SILANGKAR adalah faktor komunikasi, dan faktor-faktor penghambat kesuksesan implementasi program SILANGKAR di Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong adalah faktor sumber daya, faktor perilaku pelaksana program (disposisi), dan faktor struktur birokrasi.

 

Kata kunci: Implementasi Kebijakan Publik, Program Berbasis web, Pelayanan Publik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI