DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONFLIK SOSIAL PADA KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI
PENGARANG:SITI RAHMA DANIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-12-30


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik sosial pada kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Konflik sosial tersebut meliputi wujud konflik sosial, penyebab terjadinya konflik sosial, dan penyelesaian konflik sosial.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan sosiologi sastra. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah peneliti sendiri menggunakan kartu data dan tabel. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menganalisis kumpulan cerpen menggunakan teknik baca dan teknik catat. 

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan wujud konflik sosial yaitu bersitegang, pertengkaran, dan pendiskriminasian. Penyebab konflik sosial, yaitu perbedaan pendapat, tersinggung, kecurigaan, kesalahpahaman, penolakkan, penipuan, dan perubahan tingkah laku. Penyelesaian konflik sosial, yaitu dengan melerai dan memberikan saran, bertanggung jawab, berdamai, berterima kasih, memberikan izin, mengabulkan permintaan, diam dan mengalah, menjauh. Penelitian ini dapat dijadikan patokan dalam menyelesaikan masalah sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI