DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HUBUNGAN KETANGGUHAN AKADEMIK DENGAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA PRODI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
PENGARANG | : | RISKA MEYLISA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-01-04 |
ABSTRAK
HUBUNGANKETANGGUHAN AKADEMIK DENGAN FLOW AKADEMIKPADAMAHASISWAPRODI PSIKOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Riska Meylisa
Untuk mencegah penyebaran COVID-19kegiatan belajar mengajar dilakukan dirumah dengan metode daring yang mana hal tersebut membuat mahasiswa mengalami kesulitan.Pada penelitian ini, memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara flow akademik dengan ketangguhan akademik selama pembelajaran daring. Populasi pada penelitian ini yaitu 261 mahasiswa Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. Jenis sampling pada penelitian ini adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala ketangguhan akademik dengan RAHS (Revised Academic Hardiness Scale) dan skala flow akademik dengan LIS (The Flow Inventory For Student) melalui google form. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara flow akademik dengan ketangguhan akademik dengan korelasi ( r = 0,061) dengan nilai r2 ( r 0,061)=0,383 sumbangan efektif flow akademik dengan ketangguhan akademik sebesar 38,3% sedangkan 61,7% ialah sumbangan dari berbagai faktor yang lain dan tidak di sertakan pada penelitian ini.
Kata kunci: Pembelajaran daring, ketangguhan akademik, flow akademik
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI