DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA TAMBANGAN KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:FITRIA ELMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-04


ABSTRAK

 

Fitria Elma, 1710413220005, 2021: “Efektivitas Pembangunan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Desa Tambangan Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan”. Di bawah bimbingan bapak Drs. Abdurrahman, M.Si.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perihal bagaimana efektivitas pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa Tambangan. Kemudian dideskripsikan dan dianalisis dari aspek output atau hasil pembangunan infrastruktur, aspek pendapatan serta produksi barang dan jasa.

Untuk mencapai apa yang ingin dituju dari penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sedangkan untuk menganalisa alat ukur yang digunakan yaitu data interval. Dalam penelitian ini digunakan skala likert dengan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui penyebaran kuesioner serta teknik analisisnya yaitu teknik analisis parsial dan keseluruhan serta regresi linear sederhana dan koefisien korelasi guna mengetahui pengaruhnya positif atau tidak. Koefisien determinasi merupakan pengukuran yang bertujuan untuk mengetahui sumbangsih dari efektivitas pembangunan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hasil penelitian yang di deskripsikan dengan 20 pertanyaan kemudian dihitung per-indikator dan terdiri dari indikator yaitu, indikator pendekatan sasaran (output atau hasil pembangunan infrastruktur) adalah kategori tinggi 83,7%, indikator pendapatan berada pada kategori sedang 63,4% dan indikator produksi barang dan jasa dikategori sedang 66,4%. Kemudian analisis secara keseluruhan berada pada kategori tinggi yaitu 68%, adapun hasil regresi linear sederhana adalah Y= 21,49 + 2,70 X dan rxy (r hitung) adalah 0,366 maka ada hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat dan hubungan ini kearah positif, selain itu hasil koefisien determinasi KP= 13,39%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan pemerintah desa lebih memahami indikator apa yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi masyarakat.

 

Kata kunci: Efektivitas Pembangunan Infrastruktur, Pertumbuhan Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI