DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT KEPOLISIAN DAERAH KALIMANTAN SELATAN ( STUDI CITRA POSITIF MASYARAKAT DI KOTA BANJARMASIN )
PENGARANG:Nurul Farina Putri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-04


ABSTRAK

 

Nurul Farina Putri, 1810411620001, 2021. “Peran Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Studi Citra Positif Masyarakat Di Kota Banjarmasin)”. Dibawah bimbingan Aulia.

 

Kepolisian merupakan salah satu lembaga pemerintah yang bertugas melindungi dan menjadi pelayan untuk masyarakat. Selain melakukan pelayanan kepada masyarakat, polisi juga bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat. Dengan demikian, polisi dituntut untuk lebih dekat dengan masyarakat agar dapat terciptanya hubungan yang sinergis dan harmonis antara polisi dan masyarakat. Walaupun hubungan polisi dan masyarakat sangat penting, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat kepercayaan masyarakat pada polisi semakin berkurang disebabkan adanya persepsi negatif masyarakat pada tubuh polisi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Peran Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Studi Citra Positif Masyarakat Di Kota Banjarmasin) serta untuk mengetahui apa saja faktor – faktor penghambat Peran Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Studi Citra Positif Masyarakat Di Kota Banjarmasin).

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Kasubbag Perencanaan dan Administrasi , Kasubbid Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi , Kasubbid Penerangan Masyarakat dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman ( 1984 ) yaitu melalui tahap reduksi, penyajian data dan menggambarkan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Peran Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Studi Citra Positif Masyarakat Di Kota Banjarmasin) telah berjalan dengan baik hal ini dilihat dari menyelenggarakan hubungan masyarakat di tingkat polda, mengelola informasi, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat  dan melaksanakan kerjasama sudah dilaksanakan dengan baik dan optimal sesuai dengan peran humas dalam meningkatkan citra positif lembaga kepolisian.

Dalam penelitian ini ada beberapa saran – saran dari peneliti : 1) menambah personil bidang humas Polda Kalimantan Selatan guna untuk meningkatkan citra positif lembaga dan mengadakan pelatihan jurnalistik agar dapat menambah wawasan dan sumber daya manusia; 2) melakukan penyuluhan atau sosialisasi tentang pencegahan berita Hoax di lingkungan masyarakat juga dapat mempublikasikan berita melalui media sosial serta jumpa pers mengenai penindakan pelanggaran tentang penyebaran Hoax.

Kata Kunci : Peran, Meningkatkan Citra Positif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI