DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SCHOOL BURNOUT TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SAAT BELAJAR DARING PADA SISWA SMK X KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:NURUL PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-04


Adanya penurunan indeks prestasi siswa pada survei Programme for International Student Assesment (PISA) tahun 2018 dan diselenggarakannya belajar daring membuat siswa merasa bosan dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah school burnout memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data dikumpulkan dari 85 siswa, yang di hitung menggunakan rumus Slovin dengan kesalahan 10%. Untuk mengukur school burnout digunakan skala Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) dan nilai rapor untuk mengukur tingkat prestasi akademik. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh school burnout terhadap prestasi akademik saat belajar daring pada siswa SMK X. Dengan sedikit kontibusi school burnout terhadap prestasi akademik, yaitu sebesar 5,4%. Nilai koefisien regresi menunjukkan arah pengaruh yang negatif. Hasil ini berarti semakin tinggi tingkat school burnout yang dirasakan oleh siswa maka akan semakin rendah prestasi yang diraihnya, begitu pula sebaliknya. 

 

Kata kunci: belajar daring, school burnout, prestasi akademik 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI