DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK MENGENDALIKAN ULAT GRAYAK (Spodoptera litura F.)
PENGARANG:IKHSAN MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


Uji EfektivitasAsap Cair Limbah Kelapa Sawit untuk Mengendalikan Ulat Grayak (Spodoptera Litura F.), dibawah bimbingan Ibu Hj. Helda Orbani Rosa dan Bapak H. Ismed Setya Budi,Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asap cair limbah kelapa sawit (cangkang, tandan kosong dan serabut) terhadap kematian ulat grayak (Spodoptera litura F.).

            Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus-November 2020, sedangkan lokasi penelitian ini di Laboratorium Entomologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan termasuk kontrol. Setiap perlakuan terdiri dari 5 ulangan sehingga terdapat 20 satuan percobaan, kemudian data yang didapat dihunakan untuk menghitung persentase mortalitas larva, persentase larva menjadipupa dan persentase pupa menjadi imago.

Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang potensi asap cair dari limbah padat kelapa sawit dalam mematikan ulat grayak (Spodoptera litura F).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi asap cair dengan metode tetes lebih efektif mematikan larva S. litura dari pada metode celup daun, asap cair  mempengaruhi pembentukan pupa dan pembentukan imago. Kemudian gejala yang diperlihatkan akibat asap cair, kondisi larva S. litura yang mengalami kematian terlihat  kekuningan, membusuk, lembek/basah,  hitam, kering, dan mengeras.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI