DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PESERTA BPJS DI RSUD HADJI BOEJASIN PELAIHARI
PENGARANG:IRMA RAHMAWATI
PENERBIT:S2 MSAP
TANGGAL:2018-03-06


Kata Kunci: BPJS, RSUD Hadji Boejasin Pelahari, Kualitas Pelayanan
Penelitian ini bertujuan adalah untuk menetahuipengaruh kualitas secara parsial dan secara simulan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS di RSUD Hadji Boejasin Pelahari. Metode Penelitian yang digunakan metode kuantitatif berbasis survei, pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada sampel 62 pasien rawat inap  Peserta BPJS di RSUD Hadji Boejasin. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan pasien rawat inap peserta BPJS dilihatdari lima dimensi kualitas pelayanan melipui: responsiveness (daya tanggap),  realiability (kehandalan), assurance ( jaminan), Empathy (perhatian), dan tangibilty (bukti nyata) menunjukkan bahwaberpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap BPJS, dengan regresi linier berganda Y= 2,003 + 1,117 -0,160 + 0,910 + 0,946 + 1,615. Hasil R sebesar 0,852 menunjukkan bahwa korelasi/hubungan antara kepuasan pasien dengan lima variaabel independennya adalah kuat 85,2% dan 14,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diharapkan dari pihakpenyelenggara kesehatan baik dari pihak BPJS maupun RSUD Hadji Boejasinbisa bekerja secara efektif, memperbaiki fasilitas yang ada, memperbaiki jalinan komunikasi antara pemberi pelayanankesehatan dan penerima kesehatan, serta harus tanggap dalam berbagai macam keluhan yang disampaikan oleh pasien yang dapat dijadikan sebagai bahan  evaluasi untuk pelayanan diberikan agar semakin baik untuk kedepannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI