DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR RISIKO PADA KEJADIAN STROKE BERULANG: TINJAUAN LITERATUR
PENGARANG:ADINDA SAYEEDA -1090
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


Latar Belakang: Setelah stroke pertama, menurut data epidemiologi, ada 30% risiko stroke berulang. Kejadian tersebut adalah penduduk yang pernah menderita stroke dan angka kekambuhannya 9 kali lipat dibandingkan penduduk normal. Hasil penelitian dari Stroke Association menyebutkan kemungkinan terjadinya stroke berulang adalah 3,1% dalam 30 hari, 11,1% dalam satu tahun, 26,4% dalam lima tahun, dan 39,2% dalam 10 tahun.

Tujuan: Tinjauan pustaka ini dimaksudkan untuk menganalisis faktor risiko kejadian stroke berulang.

Metode: Tinjauan pustaka dilakukan dengan mencari artikel tahun 2011-2021 dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Ada empat database penyedia artikel jurnal elektronik, yaitu Garuda, Google Scholar, Science Direct, dan PubMed. Kualitas artikel dilakukan dengan menggunakan JBI's Critical Appraisal Tools. Narasi yang disintesis digunakan untuk menganalisis data ulasan.

Hasil: 6 artikel disintesis dalam ulasan ini. Hasil review menunjukkan bahwa diabetes mellitus, hipertensi, gangguan kardiovaskular, anemia, obesitas, kurang aktivitas fisik, serum LDL/HDL tinggi, ketidakpatuhan berobat, kurang percaya diri dalam pengobatan, kurangnya pengetahuan tentang penyakit, dan jenis kelamin. dapat mendorong terjadinya stroke berulang.

Pembahasan: Banyak faktor yang menyebabkan kejadian stroke berulang tetapi diabetes mellitus, hipertensi dan ketidakpatuhan terhadap pengobatan paling banyak dibahas dalam enam artikel.

Kata kunci:Stroke Berulang, Stroke Sekunder, dan Faktor Risiko.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI