DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PELAKSANAAN JENJANG KARIR PERAWAT KLINIS DI RUMAH SAKIT : LITERATURE REVIEW
PENGARANG:USMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


Latar Belakang: Perawat sebagai tenaga pelayanan kesehatan rumah sakit memegang peranan kunci keberhasilan pelayanan kesehatan dengan memberikan pelayanan asuhan keperawatan yang berkualitas kepada pasien, sehingga perlunya Rumah sakit dalam pengelolaan sumber daya keperawatan seperti berfokus kepada sistem pengembangan karir tenaga keperawatan. Dampak dari ketidaksesuaian Jenjang karir dengan kompetensi perawat akan mempengaruhi kualitas pelayanan.

Tujuan: Mengetahui gambaran pelaksanaan jenjang karir perawat klinik di rumah sakit.

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. sepuluhliteratur diidentifikasi dari empat database yaitu: Google Scholar, Garuda,Pubmed dan Science Direct dalam rentang tahun 2010-2020. Desain penelitian yang ditelaah adalah Crossectional Deskriftif, Crossectional Analitik, Qualitatif dengan populasi perawat klinik yang bekerja di rumah sakit.

Hasil:Sepuluh artikel yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini. Semua artikel dianalisis menggunakan instrumen JBI’s Critical Appraisal dan memenuhi kriteria. Hasil review dari Sepuluh artikel penelitian ini menggambarkan pelaksanaan jenjang karir perawat klinik masih kurang optimal dalam pelaksanaannya, hal tersebut terlihat pada penerapan kewenangan klinis masih belum optimal, dan kompetensi perawat yang masih kurang terhadap pelaksanaan jenjang karir di rumah sakit.

Kesimpulan: Pelaksanaan jenjang karir perawat klinis di rumah sakit sudah diterapkan di tiap rumah sakit tetapi masih kurang optimal dalam pelaksanaan jenjang karir perawat klinis yang tidak sesuai dengan kompetensi dan kewenangan klinis perawat Klinis.

 

Kata Kunci: Jenjang Karir perawat, Kompetensi, Rumah Sakit

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI