DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA RUANGAN DI RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:MUCHLIS CHANDRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


Latar Belakang: Rumah sakit merupakan tempat yang penuh dengan risiko yang dapat membahayakan keselamatan setiap orang yang ada di dalamnya, penerapan budaya keselamatan pasien belum diterapkan secara optimal, pimpinan tidak memotivasi staf secara maksimal, tidak menjelaskan langkah penanganan insiden keselamatan pasien secara langsung di lapangan. Kepala ruangan memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang positif bagi keselamatan pasiendengan kepemimpinan yang efektif.

Tujuan:Untuk mengetahuigambarankepemimpinan efektif kepala ruangan di rumah sakit.

Metode: Studi ini dilakukan dengan literature review. 10 literatur diidentifikasi dari empat database yaitu: Google Scholar, Garuda,Pubmed dan Science Direct dalam rentang tahun 2016-2020. Desain penelitian yang ditelaah adalah Crossectional dengan populasi perawat yang bekerja di ruang rawat inap rumah sakit.

Hasil: Dari 10 artikel yang yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan hasil 6 artikel menyebutkan kepemimpinan dalam kategori efektif, 3 artikel menyebutkan kepemimpinan dalam kategori baik, dan 1 artikel menyebutkan kepemimpinan dalam kategori kurang baik. Selain itu didapatkan variabel kepemimpinan efektif yaitu budaya keselamatan pasien, komunikasi, kepuasan, kinerja, dan motivasi semuanya dalam kategori baik.

Kesimpulan:Kepemimpinan efektif kepala ruangan berada dalam kategori baik, variabel kepemimpinan efektif yaitu budaya keselamatan pasien, komunikasi, kepuasan, kinerja, dan motivasi.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Efektif, Kepala Ruangan, Budaya Keselamatan

Pasien

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI