DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA BIDANG HUMAS POLDA KALIMANTAN SELATAN DALAM PENANGGULANGAN BERITA HOAX DI MEDIA SOSIAL
PENGARANG:Novita Sari Purwati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Humas Polda Kalimantan Selatan dalam Penanggulangan Berita Hoax di Media Sosial dan mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat Kinerja Humas Polda Kalimantan Selatan dalam Penaggulangan Berita Hoax di Media Sosial.

Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Pegawai Bidang Humas Polda Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menggambarkan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Humas Polda Kalimantan Selatan dalam Penanggulangan Berita Hoax di Media Sosial dinilai sudah cukup baik walaupun belum bisa dikatakan optimal dikarenakan masih ada banyak kasus tentang berita atau informasi hoax. Adapun Indikator kualitas layanan sudah terpenuhi, responsivitas, dan responsibilitas sudah terpenuhi sedangkan untuk indikator yang belum terpenuhi yaitu indikator produktivitas dimana karena kurangnya personel atau pegawai di Bidang Humas Polda Kalimantan Selatan menyebabkan terkadang pekerjaan menjadi terhambat dan tugasnya banyak dikerjakan sekaligus oleh satu orang saja, selanjutnya indikator akuntabilitas dimana masih ada kasus tentang berita atau informasi hoax yang belum terselesaikan.

Hasil penelitian ini disarankan : 1) Meningkatkan sarana prasarana internet dengan menambahkan WIFI di ruangan Bidang Humas Polda Kalimantan selatan; 2) Menambahkan atau merekrut pegawai baru; 3) menambahkan  Sarana Prasarana berupa komputer, printer, meja, dan kursi untuk menunjang proses pekerjaan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI