DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT PADA AKTIVITAS PENGUPASAN WASTE ROCK DI PIT SERUJAN DUA PT INDO MURO KENCANA, DESA PURUK KAMBANG, KECAMATAN TANAH SIANG SELATAN, KABUPATEN MURUNG RAYA, KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:ERWENDY SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-05


                                ABSTRAK

 

KAJIAN TEKNIS  PRODUKTIVITASALATGALIMUAT PADA AKTIVITAS PENGUPASAN WASTE ROCK DI PIT SERUJAN DUAPTINDOMURO KENCANA,DESAPURUKKAMBANG, KECAMATAN  TANAH SIANG SELATAN,KABUPATENMURUNGRAYA, KALIMANTAN TENGAH

OLEH:

ERWENDY SAPUTRA

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

e-mail: H1C114218@mhs.ulm.ac.id

Abstrak:

Pertambangan merupakan salah satu industri penting penunjang keperluan hidup manusia. Hampir semua sektor memerlukan bahan yang diperoleh dari hasil penambangan. Sehingga industri pertambangan hingga saat ini terus dilakukan dan akan terus berlanjut dimasa akan datang seiring dengan meningkatnya berbagai hajat hidup manusia yang berhubungan dengan bahan galian tambang.

Produktivitas dan cycle time rata-rata yaitu, semakin tinggi Cycle Time maka akan semakin rendah produktivitas yang dihasilkan dan sebaliknya. Sebagai contoh pada no 5 (10:00-11:00) produktivitas ada pada angka tinggi  sebesar 473,76 lcm dan Cycle Time ada pada angka rendah sebesar 32,14, sedangkan pada no 6 (11:00-12:00) produktivitas ada pada angka rendah sebesar 322,75 dan Cycle Time ada pada angka tinggi sebesar 37,14. Faktor yang mempengaruhi cycle time adalah bongkah batuan basal maupun area pergerakan excavator.Target produksi atau target pencapaian dalam satu jam adalah 400 lcm.

Faktor yang mempengaruhi terjadi pada waktu pemuatan adalah faktor Cycle Time dari alat gali muat yang diluar batas ideal. Dimana hal tersebut dipengaruhi oleh Swing Angle, kondisi tinggi Benchpada front dan skill operator, serta jumlah passing.

Kata Kunci : Cycle Time, Produktivitas, Target Produktivitas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI