DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN IPS KELAS IX SMP NEGRI 1 BATULICIN
PENGARANG:DHANTI RETNO SARASWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


         Abstrak

 

Media video animasi pembelajaran pada materi globalisasi masih terdapat kekurangan dikarenakan tidak mengikuti prosedur pemilihan media yang baik. Maka dari itu media video animasi pembelajaran masih memiliki beberapakekurangan pada penyajian media video animasi pembelajaran maupun isi materi yang disampaikan di dalam video animasi tersebut, sehingga perlu dilakukannya perbaikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media video animasi pembelajaran materi globalisasi di SMP Negeri 1 Batulicin. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan model evaluasi formatif  yang dikembangkan oleh Michael Sriven yang dibagi menjadi 6 tahap yaitu: 1) Analisis masalah, 2) Menentukan tujuan evaluasi, 3) Membuat blue print instrument penelitian, 4) Validasi instrument, 5) Uji Kelayakan, dan 6) Membuat hasil laporan.

Hasil evaluasi video animasi pembelajaran  materi globalisasi pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 1 Batulicin pada aspek kelayakan isi materi menghasilkan  kategori “kurang baik” sedangkan pada aspek kelayakan penyajian menghasilkan kategori ‘Baik” sehingga dalam isi materi perlu dilakukan perbaikan berupa menambahkan materi yang masih kurang, memasukan contoh dalam video animasi serta menambahkan animasi bergerak.

Maka hasil ketentuan revisi pada penelitian ini direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya sebagai acuan perbaikan produk media video animasi pembelajaran materi globalisasi kelas IX SMP Negeri 1 Batulicin.

 

Kata kunci: Evaluasi Media Pembelajaran, Media Video Animasi Pembelajaran Materi Globalisasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI