DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POACEAE DI RAWA MANGROVE SUNGAI BAKAU TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:GIFFARIA HAFIZHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


ABSTRAK

Giffaria Hafizha, 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Poaceaedi Rawa MangroveSungai Bakau terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M.Sidan (II) Dr. Atiek Winarti, M.Pd, M.Sc

 

 

Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Media pembelajaran yang baik bahkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkan buku ilmiah populer yang menarik, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku ilmiah populer Poaceae di rawa mangroveSungai Bakau dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar untuk menguji validitas buku ilmiah populer Poaceae di Rawa MangroveSungai Bakau, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan buku ilmiah populer yang dianalisis berdasarkan data dilapangan. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang telah dikembangkan pada uji validasi diperoleh nilai rata-rata 87,18% dengan kriteria sangat valid dan hasil uji perorangan diperoleh nilai rata-rata 89,74% dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan harapan dan aktual buku ilmiah populer masing-masing sebesar 95,33% dan 90,27% dengan kriteria sangat praktis. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai rata-rata 61,8% meningkat menjadi 82,6% dengan kategori sangat efektif dan pada uji lapangan (aktual) mendapatkan nilai rata-rata 66,1% meningkat menjadi 87,9% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria sedang. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa BIP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

 

Kata kunci: Validitas, Kepraktisan, Keefektifan, dan Buku Ilmiah Populer.

 

Some research results show that the use of learning media can affect student learning outcomes. Good learning media can even improve students' critical thinking skills. Therefore, it is necessary to develop popular scientific books that are interesting, clear and easily understood by readers so that they are expected to be able to improve students' critical thinking skills.This study aims to describe the validity, practicality and effectiveness of Poaceae's popular scientific book in the mangrove swamp of Sungai Bakau in developing students' critical thinking skills. The development stages include self-evaluation, expert test, individual test, small group test, field test. The research subjects were 3 experts to test the validity of Poaceae's popular scientific book in Mangrove Swamp, Sungai Bakau, 3 students for individual testing, 3 students for small group test and 15 students for field test. Technical data analysis was carried out in accordance with the objectives of the research which included validity, practicality, and effectiveness of popular scientific books which were analyzed based on field data. The results showed that popular scientific books that had been developed in the validation test obtained an average value of 87.18% with very valid criteria and the results of individual tests obtained an average value of 89.74% with very good criteria. The actual and expected practicality of popular scientific books are 95.33% and 90.27%, respectively, with very practical criteria. Popular scientific books that were developed were declared to be effective in use based on the results of students' critical thinking skills which experienced an increase in the effectiveness of the Small Group (expectations) with an average value of 61.8% increasing to 82.6% in the very effective category and on the Field test (actual)got an average score of 66.1%, increasing to 87.9% in the very effective category. Based on these data, the average value of N-Gain is 0.6 which is in the medium criteria. So it can be concluded that the developed BIP can be used as an innovation in improving students' critical thinking skills.

Keywords: Validity, Practicality, Effectiveness, and Popular Scientific Books.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI