DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER ETNOBOTANI MYRTACEAE KAWASAN HUTAN DENGAN TUJUAN KHUSUS ULM terhadap KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:LUTHFIA NOORANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


ABSTRAK

 

Luthfia Noorannisa. 2021. Pengembangan Buku Ilmiah Populer MyrtaceaeKawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus ULM terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Pembimbing: Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc dan Dr. Dharmono, M.Si

 

Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang berbasis pada potensi lokal suatu daerah agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran. Bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah buku ilmiah populer. Buku ilmiah populer Etnobotani Myrtaceae(Studi Kasus Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus ULM) yang dikembangkan menggunakan model EDR melalui evaluasi formative dari Tessmer untuk menghasilkan buku ilmiah populer yang valid, praktis, dan efektif. Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya evaluasi diri, uji pakar terdiri dari 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM, uji perorangan terdiri dari 3 mahasiswa, uji kelompok kecil berjumlah 5 mahasiswa dan uji kelompok besar berjumlah 20 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah mengambil matakuliah etnobotani. Hasil penelitian pada buku ilmiah populer yang dikembangkan pada uji pakar mendapatkan 3,59% dengan kriteria sangat valid artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran etnobotani, uji kepraktisan isi pada uji perorangan mendapatkan nilai rata-rata 95,51% dengan kriteria sangat baik artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan mudah untuk dipahami, respon mahasiswa harapan terhadap BIP mendapatkan nilai rata-rata 96,80% dan respon siswa aktual mendapatkan nilai rata-rata 97,40% dengan kriteria sangat praktis artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan sangat mudah digunakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran, uji keterlaksanaan harapan mendapatkan nilai rata-rata 88,89% dan keterlaksanaan aktual mendapatkan nilai rata-rata 92,22 dengan kriteria sangat baik artinya sintak atau setiap langkah proses pembelajaran berjalan dengan baik. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa mendapatkan nilai rata-rata uji N-Gain 0,6 dengan kriteria sedang artinya buku ilmiah populer yang dikembangkan cukup efektif untuk meningkat keterampilan berpikir kritis mahasiswa artinya bahan ajar yang dikembangkan dapat diimplementasikan pada mahasiswa dalam pembelajaran etnobotani.

 

Kata kunci: buku ilmiah populer, keterampilan berpikir kritis, etnobotani, Myrtaceae

 

ABSTRACT

 

Luthfia Noorannisa. 2021. Development of Popular Scientific Books on Myrtaceae in Forest Areas with the Special Purpose of ULM on Students' Critical Thinking Skills. Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc and Dr. Dharmono, M.Si

 

The 2013 curriculum requires learning based on the local potential of an area to improve students' critical thinking skills. Critical thinking skills are student skills in solving problems in learning. Teaching materials that can enhance critical thinking skills are popular scientific books. The popular scientific book of Ethnobotany Myrtaceae (A Case Study of Forest Areas with Special Purpose ULM) was developed using the EDR model through formative evaluation from Tessmer to produce popular scientific books that are valid, practical, and effective. The stages of development carried out in this research include self-evaluation, expert test consisting of 3 lecturers of Master of Biology Education ULM, individual test composed of 3 students, small group test consisting of 5 students and large group test consisting of 20 undergraduate Biology Education students who have taken ethnobotany courses. . The results of research on popular scientific books developed in the expert test got 3.59% with very valid criteria, meaning that popular scientific books developed by researchers were suitable for use in the ethnobotany learning process, the content practicality test in the individual test got an average value of 95.51 % with very good criteria, it means that popular scientific books developed are easy to understand, student responses to BIP are expected to get an average value of 96.80% and actual student responses get an average value of 97.40% with very practical criteria, meaning popular scientific books which was developed was very easy to use by students in the learning process, the expected implementation test got an average value of 88.89% and the actual implementation got an average value of 92.22 with very good criteria meaning that the syntax or every step of the learning process went well. Students' critical thinking skills get an average N-Gain test score of 0.6 with moderate criteria, meaning that popular scientific books developed are effective enough to improve students' critical thinking skills, meaning that the teaching materials developed can be implemented in students in ethnobotany learning.

 

 

Keywords: popular scientific books, critical thinking skills, ethnobotany, Myrtaceae

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI