DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER KUPU-KUPU DI KAWASAN HUTAN MANGROVE SUNGAI BAKAU TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:DEVY DWI RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


ABSTRAK

 

Devy Dwi Rahayu, 2021. Pengembangan Buku Ilmiah PopulerKupu-Kupu di Kawasan Hutan Mangrove Sungai Bakau terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Dr. Dra. Hj. Rusmiati, M.Si

 

 

Terbatasnya sumber belajar yang inovatif dan mudah dipahami mahasiswa yang memuat materi berbasis potensi lokal dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Sumber belajar yang dikembangkan berdasarkan potensi lokal suatu daerah dan mengarah pada penggunaan pembelajaran langsung sehingga penggunaan buku ilmiah popular merupakan salah satu sumber belajar yang dapat meningktakan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan buku ilmiah populer kupu-kupu di kawasan hutan mangrove Desa Sungai Bakau terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek uji coba penelitian adalah 3 pakar pembelajaran biologi, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan buku ilmiah populer yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai 94,60%, sedangkan berdasarkan uji perorangan buku ilmiah populer ini dinyatakan sangat baik dengan nilai 88,10%. Buku ilmiah populer dinyatakan praktis karena hasil respon mahasiswa sebesar 90,67% dengan kriteria sangat praktis, hasil keterlaksanaan Buku ilmiah populer rata-rata 88,89% denga kriteria sangat baik. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan efektif karena peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata nilai 88,30% dengan kriteria sangat baik dan peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi, sehingga buku ilmiah ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

 

 

 

Kata kunci: penelitian pengembangan, buku ilmiah populer, kupu-kupu, kemampuan berpikir kritis

 

ABSTRACT

 

Devy Dwi Rahayu, 2021. “The Development of the Popular Scientific Books on Butterflies in the Mangrove for Enhancing Critical Thinking Skills." Thesis, Biology Master Education Study Program, Lambung Mangkurat University. Advisor: (I) Dr. Dharmono, M. Si and (ii) Dr. Dra. Hj. Rusmiati, M. Si

 

Innovative learning resources that contain materials based on local potential and are easy to understand can improve students' critical thinking skills. Learning resources are developed based on the local potential of an area and lead to the use of direct learning so that the use of popular scientific books is one source of learning that can improve students' critical thinking skills. This study aims to describe the validity, practicality, and effectiveness of popular scientific books on butterflies in the mangrove forest area of Sungai Bakau Village on students' critical thinking skills. The study aims to describe the validity, practices, and effectiveness of the popular scientific books of butterflies in the Sungai Bakau village of the mangrove forest toward students' critical thinking skills. Step by step of development includes self evaluation, expert trials, individual trials, small group tests, and field tests. Research test subjects are three bioscientists, three students for individual trials, three students for small group tests, and 15 students for field tests. The study shows that the popular scientific books developed are highly valid for 94,60%, while individual testing finds an excellent value of 88,10%. Popular scientific books are practical because student responses of 90,67% with very practical criteria, the results of the publication of popular scientific books averaged 88,89% by excellent criteria. Popular scientific books developed can be regarded as effective due to the increase in students' learning outcomes with an average value of 88,30%. This is categorized as a very good criterion. Also, it is supported by an increase in critical thinking skills of 0,71 with high criteria. Thus, this popular scientific book can improve students' critical thinking skills.

 

Keyword: Development research, scientific book, butterflies, critical thinking skills.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI