DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID TENTANG ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:AULIA RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


ABSTRAK

Aulia Rahman, 2021. Pengembangan Aplikasi AndroidEtnobotani Tumbuhan Obat dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. H. Mochamad Arief Soendjoto, M.Sc dan (II) Dr. Dharmono, M.Si.

 

Pengembangan media pembelajaran inovatif masih belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran, khususnya pada mata kuliah Etnobotani. sehingga cenderung menimbulkan kebosanan pada kalangan mahasiswa. Oleh sebab itu perlu dikembangkannya aplikasi Android dalam upaya membantu mahasiswa memahami materi pembelajaran khususnya dalam upaya melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan Aplikasi Android Etnobotani tumbuhan obat. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar pembelajaran biologi, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 5 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 20 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data meliputi validitas yaitu didapatkan berdasarkan rata-rata nilai yang diberikan oleh 3 validator.  kepraktisan Aplikasi Android didapatkan berdasarkan nilai dari respon mahasiswa dan keterlaksanaan penggunaan Aplikasi oleh observer dan keefektifan Aplikasi Android didapatkan berdasarkan hasil LKM dan soal evaluasi yang dikerjakan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan Aplikasi Androidyang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 93,10% berdasarkan hasil validasi ahli, sedangkan berdasarkan uji perorangan mendapatkan kriteriasangat baik dengan nilai rata-rata 93,59%. Kepraktiasan harapan dan aktual Aplikasi Androidmendapatkan kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan harapan sebesar 91,02% dan kepraktisan aktual sebesar 90,06% sehingga didapatkan nilai rata-rata sebesar 90,09%.Keefektifan harapan dan aktual mendapatkan kriteria sangat efektif berdasarkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,6 yang berada pada kriteria N-gain sedang. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Aplikasi Androidyang dikembangkan layak digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

 

Kata kunci: Aplikasi Android, Etnobotani, Validitas, Kepraktisan dan Keefektifan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI