DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Cycle Time Terhadap Ketercapaian Target Produktivitas Pemindahan Overburden pada Tambang Batubara PT Kapuas Bara Utama di Kecamatan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah
PENGARANG:RIZKY PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


Peralatan Mekanis yang digunakan dalam kegiatan penambangan salah satu faktor utama terutama dalam mempengaruhi jumlah produksi, salah satu penyebab yang mempengaruhi produktivitas adalah alat alat mekanis yang tidak efisien. Misalnya, Kondisi alat mekanis yang breakdown dan alat mekanis sedang dalam perbaikan (maintenance) yang menyebabkan berkurangnya waktu efektif dalam produktivitas. Sehingga effisiensi alat mekanis menurun yang disebabkan oleh waktu hambatan pada saat jam kerja berlangsung. 

 Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan dengan metode pengukuran aktual di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil pada waktu sekarang/terkini. Metode pengukuran aktual diterapkan dengan langkah-langkah yang mencakup antara lain, kegiatan pertama mempelajari atau membaca berbagai sumber infomasi seperti buku, diktat kuliah, dan jurnal yang berkaitandengan kegiatan penelitian dilanjutkan dengan langkah kedua pengumpulan data yang dilakukan dengan dua cara yaitu pengamatan lapangan dan penggunaan data perusahaan, dan langkah ketiga yaitu proses pemecahan masalah dilakukan dengan bantuan aplikasi. 

Konklusi yang diperoleh pada produktivitas aktual alat gali muat Excavator Caterpillar 340 D sebesar 144,33 Bcm/Jam dan produktivitas aktual untuk alat angkut Articulated Dump Truck Caterpillar 740 sebesar 49,3 Bcm/Jam, dengan target produktivitas pemindahan material overburden alat gali muat Excavator Caterpillar 340 D sebesar 250 Bcm/Jam dan target produktivitas pemindahan material overburden alat angkut Articulated Dump Truck Caterpillar 740 sebesar 60 Bcm/Jam.   

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI