DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MODAL SOSIAL TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA PAJUKUNGAN KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD AMRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-10


MODAL SOSIAL TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

DI DESA PAJUKUNGAN KECAMATAN BARABAI

KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH2

Muhammad Amrullah

1710413210018

ABSTRAK

MUHAMMAD AMRULLAH, 1710413210018, 2021. “Modal Sosial Terhadap Pembangunan Infrastruktur di Desa Pajukungan.Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah” dibawah bimbingan H. Saifudin.

Penelitian ini bertujuan2untuk mengetahui modal sosial terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Pajukungan Kecamatan.Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan2pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik3pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan2sebagai informan penelitian adalah Kepala desa Pajukungan, Sekretaris2desa Pajukungan, Ketua2Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pajukungan dan masyarakat3Pajukungan. Fokus penelitian menggunakan teori Robert D.Putnan yaitu Kepercayaan terhadap pembangunan desa, Moral dan Nilai terhadap pembangunan desa, dan Jaringan Kerja terhadap pembangunan desa.

Hasil penelitian menunjukkan!bahwa modal sosial terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Pajukungan8Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah2kurang tercapai. Hal ini terlihat dari indikator kepercayaan terhadap pembangunan desa belum5berjalan dengan baik karena masih banyak masyarakat yang tidak ikut terlibat kerjasama dalam pembangunan jalan desa. Kepercayaan terhadap pembangunan desa belum terlaksana secara optimal disebabkan jarinan yang tercipta hanya di sekeliling lingkungan desa saja tanpa ada kerjasama dengan pihak luar. Norma terhadap pembangunan desa belum terlaksana. Kendala kesibukan masyarakat yang menyebabkan masyarakat tidak dapat ikut secara sukarela. Namun terkadang ada masyarakat yang sukarela ikut. Norma terhadap pembangunan desa sudah sesuai, setiap hasil pembangunan desa selalu digunakan untuk kepentingan bersama. Jaringan Kerja dterhadap pembangunan desa menggunakan media sosial seperti watshapp dan facebook serta papan pengumuman. Jaringan Kerja terhadap pembangunan desa telah terlaksana. Pemerintah desa selalu meloporkan pemasukan dan biaya yang digunakan dalam pembangunan desa. Dan Jaringan kerja terhadap pembangunan desa telah terjalankan sesuai dengan kordinasi yang telah di tentukan.

Kepala Desa Pajukungan perlu untuk memberikan ajakan secara aktif kepada masyarakat untuk berpartisipasi6dalam hal pembangunan jalan desa. Pemerintah@Desa agar menjalin kerjasama dengan beberapa pihak luar sehingga dalam pembangunan jalan desa ini mendapatkan masukan yang membangunan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Masyarakat perlu sadar dan berperan aktif dalam bekerjasama terhadap pentingnya pembangunan jalan desa.

Kata kunci : modal sosial, pembangunan desa, infratruktur jalan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI