DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG USHULUDIN KAMPUS 2 UIN ANTASARI BANJARBARU
PENGARANG:PUTU PRANANGGA WIDYASTANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-11


Dalam suatu proyek konstruksi perhitungan volume pekerjaan adalah hal yang sangat penting. Volume pekerjaan berpengaruh kepada estimasi biaya dalam proyek tersebut. Kesalahan dalam menghitung volume pekerjaan sangat merugikan kontraktor karena bisa mendatangkan material yang berlebih atau material yang kurang tentu sangat berpengaruh terhadap biaya konstruksi. Seiring dengan kemajuan teknologi perhitungan volume pekerjaan dan estimasi biaya proyek dapat dilakukan dengan penerapan Building Information Modeling (BIM) agar lebih cepat dan efisien. Penelitian ini akan membahas perbandingan estimasi biaya dengan menggunakan BIM dengan perhitungan manual pada bagian struktur dan arsitektural Gedung Ushuludin Kampus 2 UIN Antasari Banjarbaru.

Bagian struktur bangunan berupa pondasi, balok, kolom, plat, dan struktur baja dan arsitektural berupa dinding pasangan bata. Pemodelan dilakukan menggunakan software Tekla Structures dengan environment South-East Asia yang mengacu pada gambar rencana. Output yang dihasilkan dari software Tekla Structures berupa volume dan estimasi biaya yang langsung dapat di exspor ke software Microsoft Excel, dan perhitungan manual dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Excel.

Dari hasil analisis estimasi biaya diperoleh bahwa selisih dari perhitungan berbasis BIM dengan perhitungan manual didapatkan selisih 0.36%. Dengan ini penggunaan Building Information Modeling (BIM) dapat diterapkan karena memiliki selisih yang sedikit dengan perhitungan manual dan waktu pengerjaan lebih cepat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI