DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DESA DI DESA JAWA LAUT KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MUHAMMAD RISKI SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-11


Muhammad Riski Setiawan, D1B114070, Partisipasi Masyarakat dalam Pemanfaatan Dana Desa terhadap Pembangunan Desa di Desa Jawa Laut Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dana Desa di Desa Jawa Laut Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dan mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan masyarakat tersebut. Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Dana Desa di Desa Jawa Laut Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan masyarakat diukur menggunakan teori Cohen dan Uphoff dalam Penelitian Sari (2016:60) yaitu Partisipasi dalam pengambilan keputusan, Partisipasi dalam pelaksanaan, Partisipasi dalam pengambilan manfaat dan Partisipasi dalam Evaluasi.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu dengan melakukan penggalian data melalui wawancara dengan informan dalam hal ini aparatur dan masyarakat desa serta melalui pengumpulan data dokumen dari instansi terkait.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan dana desa terhadap pembangunan desa di Desa Jawa Laut cukup baik karena keaktifan partisipasi relatif tinggi. Hal ini dilihat dari tingginya usulan yang datang dari warga, adanya respon aktif peserta musyawarah atas usulan yang muncul dari peserta lain dan keikutsertaan masyarakat langsung pada pelaksanaan pembangunan proyek desa serta adanya manfaat yang diambil dari pembangunan yang telah dilakukan. Derajat partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan dana desa terhadap pembangunan desa di Desa Jawa Laut baru mencapai pada bentuk partisipasi pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengambilan manfaat dan belum sampai pada tahap partisipasi evaluasi. Hal ini cukup memperlihatkan bahwa telah ada peran serta masyarakat dalam pemerintahan di Indonesia dan ini sangat penting dalam pemerintahan yang bercirikan demokratis. Dari beberapa faktor yang diduga mempengaruhi terhadap partisipasi masyarakat, faktor usia, jenis kelamin dan tingkat pendidikan masing-masing memiliki hubungan dengan keaktifan masyarakat berpartisipasi dalam pemanfaatan dana desa terhadap pembangunan desa di DesaJawa Laut sementara tingkat penghasilan dan lamanya tinggal di desa tidak mempunyai hubungan yang berarti dengan partisipasi masyarakat.

Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini kepada masyarakat Desa Jawa Laut akan lebih baik jika ada media evaluasi yang tersedia terkait dengan pembangunan proyek desa dengan anggaran dana desa yang ditelah dilakukan di tahun sebelumnya dan Perangkat Desa perlu melakukan pendekatan yang lebih serius dan mempertimbangkan jadwal yang tepat untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang hadir dalam Musrenbangdes.

 

Kata kunci : Partisipasi Masyarakat, Dana Desa, Pembangunan Desa Jawa Laut

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI