DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BUDAYA SIRI’ DALAM PEMBENTUKAN SOLIDARITAS MAHASISWA PADA HPMM KORWIL KALSEL (HIMPUNAN PELAJAR MAHASISWA MASSENREMPULU KOORDINATOR WILAYAH KALIMANTAN SELATAN)
PENGARANG:NADILA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-11


 

ABSTRAK

 

 

 

Nadila Safitri, 2021. Budaya Siri’ Dalam Pembentukan Solidaritas Pada HPMM Korwil Kalsel (Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu Koordinator Wilayah Kalimantan Selatan). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, (II) Reski P.

 

 

 

Kata Kunci: siri’ masiri, solidaritas, organisasi sosial 

 

 

 

         Setiap perantau yang ada di daerah atau pulau yang jauh dari kampung halaman selalu menjunjung tinggi kebudayaan yang telah di wariskan. Salah satunya adalah mahasiswa yang berasal dari Sulawesi Selatan dari daerah Massenrempulu (Enrekang) yang membentuk kelompok yang dinamakan HPMM Korwil Kalsel (Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu Koordinator Wilayah Kalimantan Selatan) di dalamnya menjunjung tinggi budaya siri’ masiri sehingga membentuk solidaritas yang baik sesama mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi mahasiswa memegang budaya siri’ masiri dan bentuk kegiatan yang berkaitan dengan budaya siri’ masiri dalam pembentukan solidaritas pada Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu Koordinator Wilayah Kalimantan Selatan.

 

         Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dokumentasi yang dilakukan pada bulan Mei 2021 hingga September 2021. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data.

 

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) faktor yang melatar belakangi mahasiswa memegang budaya siri’ masiri dalam pembentukan solidaritas pada mahasiswa HPMM Korwil Kalsel ada empat yakni kesamaan daerah, tujuan bersama, ditanamkan dari orang tua, dan kebersamaan dalam mempertahankan budaya siri’ masiri di perantauan dan (2) Bentuk kegiatan yang berkaitan dengan budaya siri’ masiri dalam pembentukan solidaritas pada mahasiswa HPMM Korwil Kalsel yaitu diskusi mingguan, makan bersama, latihan pengkaderan, dan kepedulian sosial

 

            Saran pada penelitian ini bagi mahasiswa perantau yang bergabung di HPMM Korwil Kalsel tetap mempertahankan dan memegang teguh budaya siri’ masiri dalam kehidupan yang dapat memberikan dampak yang baik dan mempertahankan solidaritas yang tinggi dan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian lebih mendalam terhadap kelompok HPMM Korwil Kalsel dapat melihat dari aspek kerukunan dalam hal pendidikan di perantauan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI