DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN SEKUMPUL UJUNG KOTA MARTAPURA
PENGARANG:GT. MUHAMMAD RIDHO MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-11


Salah satu tempat yang dapat menyebabkan kepadatan lalu lintas di ruas jalan sekumpul adalah Jalan Sekumpul Ujung. Hal ini karena banyaknya pedagang kaki lima dan kendaraan yang berhenti atau parkir sangat dekat dengan badan jalan. Tingginya  nilai  hambatan  samping  pada  ruas  jalan  tersebut akan  menyebabkan  penurunan kinerja lalu lintas sehingga terjadinya kemacetan. Besarnya hambatan samping sangat berpengaruh terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parkir di badan jalan dalam hal ini mobil penumpang terhadap karakteristik dan kinerja lalu lintas di ruas jalan sekumpul ujung.

Penelitian yang dilakukan yaitu berupa berupa survei arus lalu lintas dan survei waktu tempuh kendaraan. Survey dilakukan dengan dua kondisi, yaitu kondisi tanpa adanya kendaraan yang parkir di badan jalan dan kondisi saat ada kendaraan yang parkir di badan jalan. Data yang diperoleh dari lapangan merupakan masukan untuk perhitungan kinerja ruas jalan dengan metode konvensional yaitu model Greenshield, model Greenberg, model Underwood

Berdasarkan hasil perhitungan, maka didapatkan nilai pada kondisi tidak ada mobil didapat Volume maksimum sebesar 554 smp/jam dengan kecepatan rata-rata 39.03 km/jam. Sedangkan pada kondisi adanya mobil yang parkir di badan jalan terjadi penurunan Volume maksimum menjadi sebesar 492 smp/jam dengan kecepatan rata-rata yang turun menjadi 34,38 km/jam. Hal ini dapat terjadi karena hambatan samping berupa banyaknya kendaraan pengunjung yang datang ke atau mampir di sisi jalan  dan juga banyaknya kegiatan yang masuk di badan jalan sehingga membuat arus tidak stabil, volume lalu lintas mendekati kapasitas, dan kecepatan yang berkurang hingga dapat terjadi kemacetan. Terjadi penurunan yang cukup signifikan dengan volume maksimum yakni sebesar 11,2%, untuk kecepatan rata-rata terjadi penurunan sebesar 11,92%, dan untuk kepadatan maksimum terjadi kenaikan sebesar 0,84%. Tingkat hambatan samping  sangat mempengaruhi penurunan kinerja jalan untuk itu diperlukan solusi penanganan yang tepat untuk jalan di lokasi tersebut.

 

 Kata kunci :hambatan samping, volume lalu lintas, kinerja lalu lintas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI