DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak di Kota Banjarbaru
PENGARANG:Aditya Dinta Masmitra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-12


ABSTRAK

Aditya Dinta Masmitra, NIM. 1820421310017. Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak di Kota Banjarbaru. Di bawah bimbingan Dosen Pembimbing I Jamaluddin dan Dosen Pembimbing II Mahyuni

Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan kebijakan kartu identitas anak di Kota Banjarbaru yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru yang berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak.

Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif dan sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi atau pengumpulan dokumen pendukung. Untuk teknik analisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dari sumber data yang diperoleh. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data peneliti melakukan triangulisasi yaitu membandingkan data dari hasil wawancara dan pengumpulan dokumen pendukung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak di Kota Banjarbaru dilaksanakan dengan cara melaksanakan Sosialisasi Kartu Identitas Anak, melaksanakan kerjasama dengan mitra kerja dan melaksanakan pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak, akan tetapi dalam implementasinya masih belum dikatakan tercapai dengan baik dilihat dari segi pencapaian penerbitan Kartu Identitas Anak di Kota Banjarbaru masih rendah dan dilihat dari pemanfaatan dari Kartu Identitas Anak itu sendiri masih belum dioptimalkan kegunaannya dikarenakan dalam pelaksanaan kebijakan Kartu Identitas Anak yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kekurangan anggaran sehingga pelaksanaan program Kartu identitas anak tidak maksimal pelaksanaannya.

Saran Untuk Pemerintah Kota Banjarbaru terkhusus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru harapannya kedepannya dapat meningkatkan prioritas alokasi anggaran program Kartu Identitas Anak, meningkatan sosialisasi lanjutan program KIA di Kota Banjarbaru dan memanfaatkan keluaran Kartu Identitas Anak supaya bermanfaat untuk anak.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Kartu Identitas Anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI