DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENANGANAN PEMBIAYAAN MIKRO BERMASALAH PT BANK SYARIAH MANDIRI CABANG BANJARMASIN (KASUS 2012-2014)
PENGARANG:RIAM FARADIGMA
PENERBIT:S2 MSAP
TANGGAL:2018-03-16


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis karakter nasabah pembiayaan mikro bermasalah (2) Menganalisis Faktor Internal Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin dalam memutuskan pembiayaan mikro (3) menganalisis faktor internal seperti kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal seperti peluang dan tantangan penyebab pembiayaan mikro bermasalah pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan data sekunder yang diterbitkan oleh PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin sebagai data utama. Teknik analisis data yang dipergunakan meliputi Anlisis Karakteristik Nasabah dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Karakter nasabah pembiayaan mikro bermasalah cenderung tidak memperioritaskan pembayaran angsuran, kurang memiliki kesadaran membayar angsuran sebelum ditagihkan oleh petugas bank, adanya nasabah yang menggunakan uang pinjaman tidak untuk tujuan pembiayaan diawal, nasabah tidak memiliki catatan keuangan yang baik dan adanya nasabah yang mengalami musibah serta perubahan alam dan perubahan peraturan pemerintah sehingga mengganggu kelancaran usahanya (2) Adanya petugas bank yang tidak cermat dalam menganalisis pembiayaan calon nasabah, penilaian agunan nasabah yang tidak sesuai, adanya petugas bank yang tidak menjalankan SOP dengan benar serta petugas bank yang kurang dalam memelihara pembiayaan seperti kunjungan dan penagihan yang rutin (3) Analisis SWOT menemukan faktor kekuatan dan peluang lebih dominan untuk mengatasi faktor kelemahan dan ancaman dalam perbaikan pembiayaan bermasalah pada PT Bank Syariah Mandiri cabang Banjarmasin. Disarankan kepada pihak PT Bank Syariah Mandiri agar: (1) membentuk divisi khusus untuk penanganan pembiayaan bermasalah yang bertugas untuk menyelamatkan pembiayaan bermasalah dan melakukan penagihan secara rutin (2) Perbaikan kualitas petugas/ karyawan dengan diadakan pelatihan agar petugas dapat lebih baik dalam menganalisis pembiayaan.

Kata Kunci: Pembiayaan Mikro, Bermasalah, PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Banjarmasin

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI