DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA GURU DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SMA NEGERI 1 GAMBUT
PENGARANG:SITI DARLINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-13


ABSTRAK

 

Siti Darlina, 2021, Pengaruh Kinerja Guru Dan Kedisiplian Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Dalam Jaringan di SMA Negeri 1 Gambut. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahyu, M.S,                    (II) Dr. Mohamad. Zaenal Arifin Anis, M.Hum.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Disiplin, Kinerja Guru, Pembelajaran dalam Jaringan

Pembelajaran dalam Jaringan di SMA Negeri 1 Gambut belum berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja guru dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 270 orang siswa di SMA Negeri 1 Gambut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 178 (65,93%) siswa menyatakan bahwa kinerja guru pada pembelajaran dalam jaringan dikategorikan baik. Sikap disiplin siswa pada pembelajaran dalam jaringan dapat dikategorikan memiliki sikap yang disiplin sebanyak 128 orang siswa (47,41%) dan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring dikategorikan baik karena memperlihatkan sebanyak 179 (66.30%) orang memiliki hasil belajar yang baik.

Hasil analisis korelasi menujukkan kinerja guru dan sikap disiplin siswa berkorelasi dengan hasil belajar siswa dengan masing-masing nilai rxy sebesar 0,661 dan 0,649. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara variabel kinerja guru (X1) dan sikap sikaf disiplin siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) dengan nilai F sebesar 105,991 (p<0,01). Indeks korelasi bersama antara kinerja guru dan sikap disiplin siswa diperoleh nilai Ry1,2 = 0,665 dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,443. Varians kinerja guru dan sikap disiplin siswa mampu menjelaskan 44,30% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan dengan komposisi 29,10% dipengaruhi oleh variabel kinerja guru dan 15,20% dipengaruhi oleh variabel disiplin siswa, sedangkan 55,70% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI