DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAYANAN PEMERINTAH DESA DALAM ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KTP ELEKTRONIK DI DESA BAKARANGAN KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:SITI AHWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK

 

Siti Ahwati,     1610413320038, 2016, Pelayanan Pemerintah Desa dalam Administrasi Kependudukan KTP elektronik di Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Di bawah bimbingan Budi Suryadi

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan menggunakan tipe penelitian deskriftif. Informan penelitian ialah Kepala Desa Bakarangan, sekretaris desa, aparat desa dan masyarakat desa. Peneliti ini menggunakan teori Dwiyanto (2006) yang terdiri dari faktor produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Peneliti inibertujuan untuk mengetahui Pelayanan PemerintahDesa Dalam Administrasi Kependudukan KTP elektronik di Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelayanan desa dalam administrasi kependudukan KTP elektronik di Desa Bakarangan cukup baik, yaitu dilihat dari faktor produktivitas, bahwa perangkat Desa Bakarangan sudah mencukupi untuk memberikan pelayanan KTP elektronik kepada masyarakat. Kualitas pelayanan, perangkat Desa Bakarangan dalam menunjang proses pelayanan publik dan pengadministrasian KTP elektronik sudah cukup baik. Meskipun kesadaran disiplin perangkat desa mengenai jam kerja masih kurang baik. Responsivitas kemampuan dari kantor Desa Bakarangan untuk memenuhi sarana dan prasarana pelayanan administrasi KTP elektronik belum memadai untuk perekaman KTP elektronik. Responsibilitas bahwa perangkat kantor Desa Bakarangan dalam menyelesaikan tugas yang mana terbentuklah struktur organisasi yang menunjukan spesialis pekerjaan dimana masing-masing memilik pokja penanggung jawab. Akuntabilitasbentuk kewajiban dari pertanggung jawaban tugas dalam melayani masyarakat yang datang ke kantor desa untuk membuat KTP elektronik perangkat desa wajib memberikan arahan.

Saran kepada perangkat Desa Bakarangan dalam guna meningkatkan kualitas pelayanan produk administrasi berupa KTP elektronik lebih meningkatkan kinerja dan informasi kepada masyarakat, lebih meningkatkan kordinasii dengan Kecamatan Kusan Hulu maupun dinas DUKCAPIL Kabupaten Tanah Bumbu guna mempercepat catatan administrasi kepada masayarakat.

Kata Kunci : Pelayanan, Pemerintah Desa, KTP elektronik


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI