DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Persaingan Dalam Transportasi Sungai Antar Penggetek di Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun
PENGARANG:ISMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


Ismawati, 2021. Persaingan dalam Transportasi Sungai Antar Penggetek di Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih. (II) Reski P.

 

Kata Kunci: Getek, Persaingan, Transportasi Sungai.

 

Getek merupakan sebuah alat transportasi umum yang sering digunakan masyarakat sebagai transportasi. Getek biasanya digunakan masyarakat Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun untuk melintasi Sungai Arut ataupun untuk melakukan aktivitas yang ada di sungai. Orang yang mengendarai getek tersebut sering disebut dengan penggetek. Penggetek biasanya memiliki keahlian khusus dalam mengendalikan maupun mengemudikan getek miliknya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan persaingan penggetek dalam mendapatkan penumpang

(2) dampak positif dan negatif dalam persaingan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Dermaga Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun, serta telah dipilih sebanyak tiga orang penggetek sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, verifikasi data, dan pengujian keabsahan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persaingan dalam mendapatkan penumpang (a) memperhatikan kebersihan getek, (b) pelayanan penggetek terhadap penumpang, (c) tarif yang terjangkau (2) dampak positif dari penggetek yaitu perubahan dari segi penampilan penggetek dan pelayanan yang ramah terhadap penumpang dan dampak negatif persaingan yaitu penggetek kesulitan dalam mendapatkan penumpang yang lebih banyak serta pendapatan yang berkurang akibat mengantarkan penumpang secara bergantian.

Berdasarkan hasil penelitian di sarankan bagi masyarakat dapat memberikan gambaran tentang bagaimana persaingan yang terjadi pada penggetek untuk menambah wawasan mengenai persaingan yang terjadi dalam suatu masyarakat. Bagi perguruan tinggi penelitian ini dapat dijadikan sumber pustaka tambahan dan dapat menjadi rujukan untuk penelitian yang serupa dan dapat bermanfaat bagi pembaca.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI