DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA DI DESA BANUA BINJAI KECAMATAN BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:RIZKA NURHIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK

Rizka Nurhidayah, 2021. Profil Istri Sebagai Tulang Punggung Keluarga di Desa Banua Binjai Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Laila Azkia.

Kata Kunci : Profil Istri, Tulang Punggung, Relasi Sosial

Banua Binjai merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Barabai yang adanya kecenderungan perempuan berkontribusi dalam mencari nafkah dalam keluarga. Para istri memiliki peran sebagai tulang punggung dalam keluarga dan peran tersebut berdampak pada relasi sosial dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran istri sebagai tulang punggung keluarga. (2) Relasi sosial istri dalam kehidupan keluarga

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran istri sebagai tulang punggung keluarga berdampak pada peran domestik dan peran publik dan alasan istri menjadi tulang punggung dalam keluarga adalah karena faktor ekonomi dimana memiliki suami yang pengangguran. (2) relasi sosial istri dalam kehidupan keluarga yang berdampak pada pola dan proses istri dalam kehidupan keluarga.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada (1) Aparat pemerintah dan masyarakat agar dapat lebih memperhatikan para perempuan yang menjadi tulang punggung dalam keluarga karena faktor ekonomi agar tetap terjamin kesejahteraannya. (2) Para Istri dapat mengatur waktu antara pekerjaan domestik dan publik tetap seimbang agar tidak berpengaruh buruk pada relasi sosial antara anggota keluarga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI