DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU MEMBAHAYAKAN KESELAMATAN PENUMPANG KELOTOK WISATA DI DERMAGA KELOTOK JL. SIRING TENDEAN KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY RAHMITA SANI PANGESTU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK

 

Rizky Rahmita Sani Pangestu, 2021, Perilaku Membahayakan Keselamatan Penumpang Kelotok Wisata Di Dermaga Kelotok Jl. Siring Tendean Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, (II) Syahlan Mattiro

 

Kata kunci: Perilaku, Keselamatan, Kelotok:

 

Wisatawan yang datang ke Dermaga Siring lebih memilih duduk diatap kelotok dibandingkan dilantai kelotok sebagaimana mestinya. Selain itu terdapat pelampung yang sudah disediakan oleh para pengemudi kelotok di dermaga siring tandean. Dengan harapan para penumpang menggunakan pelampung tersebut sehingga penumpang kelotok aman saat menaiki kelotok. Namun tidak semua wisatawan kelotok mehiraukan himbauan penggunaan pelampung. Masih ada wisatawan yang enggan menggunakan pelampung meskipun keselamatan mereka terancam. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menemukan bagaimana perilaku penumpang kelotoksaat berada diatas kelotok (2) Untuk menemukan upaya pengelola dermaga siringdalam memberikan penyadaran terhadap pentingnya berkendaraan kelotok yang aman.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara accidental sampling dengan informan Dita, Yulia, Fatanah, Jakaria, Nazwa, dan Bapak Iki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis dengan langkah-langkah reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Perilaku penumpang kelotoksaat berada diatas kelotok yaitu duduk diatap kelotok, dan tidak memakai alat pelampung. (2) Upaya penyadaran terhadap pentingnya berkendaraan kelotok yang aman dilakukan oleh koordinator lapangan dan sopir kelotok. Koordinator melakukan upaya berupa mewajibkan pengemudi kelotok untuk menyediakan pelampung, menegur pengemudi jika ugal-ugalan, mensosialisasikan cara berkendara yang aman. Sedangkan upaya yang dilakuakn oleh sopir kelotok yaitu menyediakan pelampung bagi penumpang kelotok.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada Masyarakat hendaknya lebih sadar akan pentingnya keselamatan berkendaraan kelotok yang aman. Selain itu petugas dermaga dan sopir kelotok hendaknya bukan hanya mengingatkan penumpang untuk lebih berhati-hati dan menggunakan pelampung. Melainkan, memberikan pelampung secara langsung kepada penumpang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI