DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KETIDAKTERCAPAIAN TARGET PRODUKTIVITAS ALAT MEKANIS PADA PROSES PEMBONGKARAN OVERBURDEN DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWA KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD AULIA RAKHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


 

ABSTRAK

 

 

 

EVALUASI KETIDAKTERCAPAIAN TARGET  PRODUKTIVITAS ALAT MEKANIS PADA PROSES PEMBONGKARAN OVERBURDEN DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWAKECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

 

 

Oleh :

 

Muhammad Aulia Rakhman

 

Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

 

Email: h1c114091@mhs.ulm.ac.id

 

Abstrak:

 

Aktifitas penambangan biasanya diawali dengan pengupasan lapisan tanah penutup yang menggunakan peralatan mekanis. Agar kegiatan tersebut mencapai hasil yang optimal maka dilakukan perencanaan. Tahapan perencanaan tambang dilakukan untuk menjamin operasi penambangan yang akan dilakukan terkoordinasi dan sesuai dengan target yang direncanakan karena apabila target pengupasan lapisan tanah penutup tidak tercapai maka target produksi bahan galian berharga dalam hal ini batubara juga tidak tercapai.

 

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulakn data primer dan data sekunder menggunakan dua cara, yaitu pengamatan lapangan secara langsung dan penggunaan data perusahaan. Proses pemecahan masalah  menggunakan metode komputasi dan analisis disertai data-data berupa peta, gambar, grafik dan tabel yang dapat membantu dalam penyampaian informasi hasil penelitian.

 

Berdasarkan dari hasil pengambilan data dilapangan, maka didapatkan rata-rata cycle time alat gali muat excavator Komatsu PC-300 sebesar 26.36 detik, kemudian rata-rata cycle time alat angkut hino 500 didapatkan sebesar 531.9 detik, tingkat ketercapaian antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat gali muat Komatsu PC-300 sebesar 109 bcm/jam dengan ketercapaian 72 %. Tingkat ketercapain antara target produktivitas dengan aktual, rata-rata produktivitas dengan tingkat ketercapaian alat angkut Hino 500 sebesar 106 bcm/jam dengan ketercapaian sebesar 71 %. Berdasarkan hasil perhitungan match factor dengan menggunakan data aktual didapatkan hasil match factor  0,59 dengan menggunakan 3 alat angkut, kemudian hasil perhitungan simulasi match factor dengan menggunakan 6 alat angkut didapatkan hasil match factor sebesar 1,18.

 

 

 

 

 

Kata Kunci : Cycle Time, Produktivitas, dan Match Factor

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI