DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DESAIN PROJECT VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “TRAUMA” DALAM MENCEGAH KEKERASAN PADA ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Pada Orang Tua Siswa di Kota Banjarmasin)
PENGARANG:DEDE RAHMAT MADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK

Dede Rahmat Madani, 1710414110006, 2021, Desain Project Iklan Layanan Masayrakat “TRAUMA” dalam mencegah kekerasan pada anak dimasa Pandemi Covid-19”. Dibimbing oleh Atika Rusli dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Tindak kekerasan pada anak menjadi permasalahan yang ada pada setiap tahun, terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini, kasus kekerasan pada anak semakin meningkat. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah hal tersebut, salah satunya yaitu dengan memberikan informasi terkait dampak negatif yang ditimbulkan akibat kekerasan yang dilakukan pada anak. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar perubahan tingkat kekerasan pada anak di Kota Banjarmasin sebelum dan setelah menonton video iklan layanan masyarakat “TRAUMA”

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tipe penelitian eksperimen, desain True Exsperimental yaitu dengan bentuk Pretest-posttest ControlGroupDesaign. Pada bentuk ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu eksperimen dan kelompok kontrol. Pada Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan, Penelitian ini dilakukan kepada 40 responden,masing-masing kelompok terdiri dari 20 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis menggunakan paired sample t-test.

Hasil pengujian hipotesis pada kelompok eksperimen, didapatkan hasil sig (2-tailed) (0,000) < (0,05) dengan derajat kepercayaan 95%. Nilai rerata kelompok eksperimen pada tahap pre-test adalah 2,456, dan pada tahap post-test adalah 1,455. Dapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan dan perubahan perilaku kekerasan orang tua pada kelompok eksperimen mengenai dampak kekerasan anak setelah diberikan perlakuan berupa media video iklan layanan masyarakat, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Perilaku Orang Tua, Kekerasan Anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI