DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Bahasa Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf di Kelompok B TK Nurul Huda Amuntai Utara
PENGARANG:AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK Amalia. 2021. Mengembangkan Kemampuan Bahasa Menggunakan Kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf di Kelompok B TK Nurul Huda Amuntai Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Maimunah, M.Pd. Kata kunci : Bahasa, Menyebutkan Simbol-Simbol Huruf, Model Talking Stick, Metode Abjad, Metode Bunyi, Kartu Huruf Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan bahasa anak kelompok B TK Nurul Huda Amuntai Utara dalam menyebutkan simbol-simbol huruf. Hal ini disebabkan karena pembelajaran masih bersifat abstrak, tidak menggunakan media, kurang menarik minat anak dan pembelajaran yang hanya berpusat pada guru (Teacher Centre). Salah satu upaya mengembangkan kemampuan anak yaitu melalu kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi Berbantuan Kartu Huruf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B di TK Nurul Huda Amuntai Utara yang berjumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik Deskriptif dan Croos Tabel. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil jika mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak rata-rata kelas dengan persentase ≥80% kategori aktif dan sangat aktif dan hasil perkembangan bahasa minimal 80% dan mencapai ??? (BSH) dan ???? (BSB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke-1 dengan skor 20 kategori “Baik”, pertemuan ke-2 dengan skor 23 kategori “Baik”, pertemuan ke-3 dengan skor 26 kategori “Sangat Baik” dan pertemuan ke-4 dengan skor 28 kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak pada pertemuan ke-1 dengan presentase 40% kategori sebagian kecil anak aktif, pertemuan ke-2 dengan persentase 60% kategori sebagian anak aktif, pertemuan ke-3 dengan persentase 80% kategori sebagian besar anak aktif dan pertemuan ke-4 dengan persentase 100% seluruh anak aktif. (3) Hasil perkembangan bahasa pertemuan ke-1 dengan presentase 20% hanya ada 1 anak yang berhasil berkembang, pertemuan ke-2 dengan persentase 40% ada 2 anak yang berhasil berkembang, pertemuan ke-3 dengan persentase 80% ada 4 anak yang berhasil berkembang dan pada pertemuan ke-4 mencapai 100% yang berarti seluruh anak berhasil berkembang mendapatkan ??? (BSH) dan ????(BSB). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi Model Talking Stick, Metode Abjad dan Metode Bunyi berbantuan Kartu Huruf dapat mengembangkan aktivitas dan perkembangan bahasa sesuai dengan Indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat mewujudkan penelitian ini sebagai bahan masukan dan referensi dalam pemilihan metode pembelajaran khusus untuk mengembangkan bahasa anak usia dini khususnya dalam menyebutkan simbol-simbol huruf.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI