DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, ISTISHNA, MUDHARABAH DAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA TBK. PERIODE 2016-2019
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


Siti Aisyah, (2021). Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Istishna, Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Tingkat Return On Asset (ROA) Pada PT. Bank Muamalat Tbk. Periode 2016-2019. Pembimbing: Dra. Nor Hikmah, M.SA, Ak, CA

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis (1) pengaruh pembiayaan murabahah terhadap return on asset (ROA);(2) pengaruh pembiayaan istishna terhadap return on asset (ROA); (3) pengaruh mudharabah terhadap return on asset (ROA); dan(4) pengaruh musyarakah terhadap return on asset(ROA).

Obyek penelitian ini yaitu PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. yang terdaftar di OJK. Populasi dari penelitian ini berupa laporan keuangan bulanan dari PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. yang terdaftar di OJK tahun 2016-2019 dan diperoleh 48 sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi logistik dengan bantuan program IBM SPSS Versi 25.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mudharabah berpengaruh negatif terhadap return on asset. Namun variabel murabahah, istishna dan musyarakah tidak berpengaruh terhadap return on asset.

 

Kata Kunci : Mudharabah, Return On Asset, Murabahah,  Istishna dan Musyarakah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI