DIGITAL LIBRARY



JUDUL:BENTUK GERAK TARI KUDA GIPANG MAIGALAKAN ANAK PADA TRADISI BAUSUNG PENGANTIN DI KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-14


ABSTRAK

 

Muliana 2021. Bentuk Gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak pada Tradisi Bausung Pengantin di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos., M.A., M.Pd (2) Novyandi Saputra, S.Pd., M.Sn

 

Kata Kunci: Analisis Bentuk, Tari Maigalakan Anak, Tradisi Bausung Pengantin

             

Tari Maigalakan Anak atau disebut juga Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak adalah suatu tarian yang ada pada kesenian Kuda Gipang di Desa Parigi Kecamatan Bakarangan Kabupaten Tapin. Tari Maigalakan Anak merupakan ciri khas dari kesenian Kuda Gipang di Kabupaten Tapin tepatnya di Desa Parigi yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan acara tradisi Bausung Pengantin. Tari ini memiliki gerak yang mengandung unsur-unsur pembentukan yang tidak dapat dipisahkan. Unsur-unsur tersebut diantaranya yaitu unsur ruang, waktu dan tenaga. Tujuan penelitian untuk mengetahui analisis bentuk gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak pada tradisi Bausung Pengantin di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan berdasarkan unsur ruang, waktu dan tenaga.

Objek dalam penelitian ini adalah bentuk gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Data penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan..

Hasil penelitian menunjukkan: (a) Analisis bentuk gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak berdasarkan unsur ruang yang terdiri diri garis, arah, volume dan level; (b) Analisis bentuk gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak berdasarkan unsur waktu yang terdiri dari durasi, tempo dan ritme; (c) Analisis bentuk gerak Tari Kuda Gipang Maigalakan Anak berdasarkan unsur tenaga yang terdiri dari intensitas dan tekanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI