DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI KETERCAPAIAN TARGET PRODUKSI CRUSHING PLANT BATUBARA DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWA DI KECAMATAN SATUI, KABUPATEN TANAH BUMBU, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:AAD SANUFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-15


ABSTRAK

 

 

EVALUASI KETERCAPAIAN TARGET PRODUKSI CRUSHING PLANT BATUBARA DI PT KALIMANTAN LINTAS KHATULISTIWA

DI KECAMATAN SATUI, KABUPATEN TANAH BUMBU,

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

 

Oleh :

Aad Sanufa

Program Studi Teknik Pertambangan ULM

Email : Aadsanufa28@gmail.com

 

   Target produksi crushing plant pada PT Kalimantan Lintas Khatulistiwa adalah 350 ton/jam. Namun target produktivitas yang ditargetkan sering tidak tercapai permasalahan yang dihadapi dalam suatu pengolahan batubara adalah adanya penundaan waktu baik yang dapat dihindari maupun tidak. Contoh seperti alat pengolahan batubara yang sedang breakdown, hopper penuh, sedang hujan, dan atau alat pengolahan batubara sedang maintenance. Terhadap keadaan ini tentunya diperlukan optimalisasi untuk mendapatkan waktu kerja yang produktif yang diinginkan.Penelitian ini dilakukan untuk menghitung kapasitas produktivitas masingmasingkomponen pada coal processing plant.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis faktor-faktor pendukung produktivitas unit crushing plant seperti cycle time alat pengumpan,spesifikasi unit crusher dan belt conveyor, kondisi aktual lapangan  penyebab loss time seperti idle dan delay, serta breakdown time selama Bulan September Tahun 2019.

Setelah dilakukan penelitian kegiatan crushing plant  untuk evaluasi pengoptimalan hasil produksi aktual unit crushing plant pada PT Kalimantan Lintas Khatulistiwa maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat pencapaian target produksi seperti produktivitas dari alat cycle time alat pengumpan, unit crusher , dan belt conveyor. Berdasarkan data aktual didapatkan perhitungan produktivitas crushing plant sebesar 359,7 ton/jam.

           

Kata Kunci : Target Produksi, Aktual-Teoritis, Pencapaian Target

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI