DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Kemampuan Settling Pond Dalam Menangani Air Buangan Pit Penambangan di PT Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite PT Sungai Danau Jaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:TYESIA ROTUA MAYSAND SIAHAAN-1203
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-15


PT Bukit Makmur mandiri utama jobsite Sungai Danau Jaya memiliki 3 wilayah Izin Usaha Pertambangan yaitu, PT BUMA Site Sungai Danau Jaya (SDJ), Tanah Bumbu Resources (TBR) dan Angsana Jaya Energi (AJE). PT Bukit Makmur Mandiri Utama mendapatkan kontrak dengan PT Tanah Bumbu Resources (TBR) pada 2018. Pada bulan Mei 2021 air yang berada pada pit TBR belum dapat dikendalikan. Sebagai dari akibatnya, air yang tertampung pada sump yang dipompa menuju settling pond juga belum bekerja maksimalbaik pada saat air tersebut sudah tertampung pada settling pond.

Pada pegnolahan data dan analisis data dibantu perangkat lunak minescape 5.7 untuk menghitung volume air pada sump, arcgis 10.8 untuk pembuatan peta dan surfer dalam penentuan luas dari catchment area.

Dari hasil pengolahan data, maka diperoleh waktu pengeringan sump selama 24 hari kemudian untuk dimensi settling pond dirokemendasikan dengan panjang 140 meter, lebar 30 meter dan kedalaman 6 meter. Untuk penjadwalan pengerukan kolam pengendapan pada control box yaitu pada hari ke 28, untuk kolam 1  pada hari ke 100, untuk kolam 2 pada hari ke 59, untuk kolam 3 pada hari ke 48, untuk kolam ke 4 pada hari 48 dan untuk kolam ke 5 pada hari ke 49.

 

 

Kata kunci: curah hujan, daerah tangkapan hujan, penyaliran, settling pond.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI