DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan E-handout Biologi SMA Pada Materi Jamur untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
PENGARANG:RACHMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-15


 

Proses pembelajaran yang efektif dapat menggunakan e-handout yang dapat digunakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Tujuan penelitian pengembangan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar Biologi berupa e-handout pada materi jamur khususnya untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa  yang valid, praktis,dan efektif .

 

Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE dilakukan melalui 5 tahap yaitu Analyze,Design,Development, Implementation, dan Evaluation. E-handout ditulis dengan bahasa yang komunikatif, dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi yang dapat menarik siswa serta berisikan kegiatan belajar kritis. Subyek uji validasi terdiri dari 3 dosen. Subyek uji kelompok kecil dilakukan terhadap 9 siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 25 siswa .Semua data diperoleh dari instrument pengumpulan data berupa instrument validitas, instrument kepraktisan, dan instrument keefektifan hasil belajar serta berpikir kritis siswa yang dianalisis secara deskriptif.

 

Hasil penelitian dan pengembangan e-handout materi jamur tergolong sangat valid dengan persentase capaian90 % dengan revisi.Praktis karena aktifitas siswa tergolong tinggi dengan hasil keterlaksanaan 84% sangat baik dan semua memberikan respon positif terhadap e-handout. Dikatakan efektif karena hasil belajar kognitif tuntas secara klasikal, hasil positif dari penilaian afektif, dan keterampilan berpikir kritis siswa tergolong dalam kategori tinggi. Oleh karena itu bahan ajar e-handout materi jamur ini dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI