DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perkuatan Jalan Angkut Tambang Project PT Kaltim Prima Coal (KPC) Site Bengalon Kabupaten Kutai Timur Provinsi Kalimantan Timur
PENGARANG:ERVIANY INDIRA RISMAYANTI-1651
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-15


Jalan angkut pada tambang merupakan infrastruktur yang sangat penting di dalam lokasi sekitar wilayah pertambangan. Beberapa masalah yang mungkin terjadi pada saat membuat jalan di atas konstruksi tanah yang lunak, diantaranya tanah tersebut memang lunak, dimana memiliki daya dukung yang rendah serta adanya proses penurunan konsolidasi yang besar dan lama. Aplikasi geosintetik sebagai perkuatan hanya merupakan salah satu bagian dari delapan fungsi dan aplikasi geosintetik saja.

Pada penelitian ini akan dilakukan analisa mengenai lapisan tanah dasar (sub grade) jalan angkut sebelum diberikan perkuatan geosintetik dan setelah diberikan perkuatan geosintetik menggunakan metode elemen hingga (Finite Elemen Method, FEM)) dengan program Phase2 8.0. Selanjutnya dari analisa tersebut didapatkan hasil berupa permodelan stabilitas jalan angkut tambang. Permasalahan yang ingin diteliti adalah nilai faktor keamanan (safety factor) jalan angkut tambang tanpa perkuatan dan dengan perkuatan geosintetik.

Diperoleh nilai faktor keamanan jalan angkut tambang pada saat kendaraan alat angkut berada di sisi kiri jalan didapatkan critical SRF sebesar 0,66 dan sisi kanan jalan yakni 0,67, saat kendaraan berada di sisi tengah jalan, critical SRF yang didapatkan yakni 1,08. Penggunaan teknologi geosintetik sebagai perkuatan terbukti dapat meningkatkan nilai faktor keamanan menjadi 1,01 pada saat kendaraan berada di sisi kanan dan kiri jalan sebesar 0,98, sedangkan critical SRF pada saat kendaraan berada di tengah jalan yakni sebesar 1,25 meskipun tidak signifikan. Hasil penelitian ini dapat menjadi suatu pertimbangan dalam menganalisa kestabilan jalan angkut tambang di atas konstruksi tanah yang lunak.

 

Kata-kata kunci: Tanah lunak, jalan angkut tambang, metode elemen hingga, faktor keamanan, geosintetik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI