DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI LITOSFER UNTUK PESERTA DIDIK SMP
PENGARANG:EMILIA HASNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-16


Masih kurang dikembangkannya serta minimnya penggunaan media pembelajaran IPA, dalam proses pembelajaran pendidik hanya menggunakan media konvensional berupa buku paket dan LKS, sekalipun pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran namun media yang digunakan belum bervariatif sehingga membuat semangat peserta didik rendah atau kurang aktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada materi litosfer untuk peserta didik SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan Tessmer, terdiri dari tahapan yang telah dimodifikasi yaitu Self Evaluation, Expert Review, One-to-One, danSmall Group saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif dinyatakan valid, karena nilai skor rata-rata validasi dari ahli media sebesar 0,78 dengan kategori valid dan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 0,77 dengan kategori valid, (2) media pembelajaran interaktif dinyatakan praktis, karena penilaian yang diberikan peserta pada tahap uji One-to-One sebesar 87,43% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap uji Small Group sebesar 75,52% dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Articulate Storyline pada materi litosfer dapat dinyatakan kelayakannya digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran IPA.

Kata Kunci : media pembelajaran interaktif, articulate storyline, litosfer

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI