DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keefektifan Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Berbasis Aplikasi “Google Classroom” pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 21 Banjarmasin
PENGARANG:M.NOOR RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-17


ABSTRAK

Rifani, M. Noor. 2021.Keefektifan Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Google Clasroom pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 21 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Noor Cahaya, M.Pd.; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata Kunci: keefektifan, pembelajaran daring, Google Classroom

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran daring berbasis Google Classroom(GC). GC digunakan sebagai media pembelajaran daring yang dapat membantu peserta didik dan memudahkan pengajar dalam membuat, membagikan, dan menggolongkan setiap penugasan tanpa kertas.

Tujuan penelitian ini ialah mengukur keefektifan pembelajaran daring Bahasa Indonesia berbasis GC pada peserta didik kelas VII-A dan VII-F SMPN 21 Banjarmasin, khususnya pada variabel kemudahan GCdan harapan tentang penggunaannya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dan populasi penelitian ini ialah peserta didik Kelas VII SMPN 21 Banjarmasin. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk Google Form. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan GC belum efektif,karena peserta didik belum memahami secara detail fungsi-fungsi yang ada diGC, kurangnya minat peserta didik, kurangnya interaksi peserta didik dengan peserta didik lain dan nilai akhir yang peserta didik dapatkan masih di bawah rata-rata. Hal tersebut dapat terlihat dari variabel pertama kemudahan GC dengan persentase 3,853%; variabel kedua penerimaan GC dengan persentase 3,670%; dan variabel ketiga harapan penggunaan GC dengan persentase 4,036%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI