DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONDISI VEGETASI PADA LOKASI LIMA DAN SATU TAHUN SETELAH TEBANGAN DI WILAYAH IUPHHK PT. AYA YAYANG INDONESIA, KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:DIDI JULKURNAIN
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2018-03-23


 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi vegetasi di lokasi lima dan satu tahun setelah tebangan yang meliputi dominasi masing-masing jenis, dominasi masing-masing komunitas, kenaekaragaman jenis, kemerataan jenis dan kesamaan jenis komunitas. PT. Aya Yayang Indonesia merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang kehutanan dengan memanfaatkan kayu sebagai hasil produksinya, dengan adanya kegiatan perusahaan ini pastinya akan berdampak terhadap biodiversitas tumbuhan yang ada di areal tersebut. Tujuan penelitian ini menganalisis kondisi vegetasi di areal Rencana Kerja Tahunan (RKT 2012) dan (RKT 2016) yang meliputi Indeks Nilai Penting (INP), indeks keanekaragaman jenis, indeks kemerataan jenis, indeks dominasi jenis dan indeks kesamaan jenis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pihak terkait tentang kondisi vegetasi yang ada di areal tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa INP masuk kriteria yang sangat baik pada tingkat pertumbuhan semai dan pancang memiliki INP > 160% serta tingkat pertumbuhan tiang dan pohon memiliki INP > 240%. Keanekaragaman jenis di areal ini sedang karena setiap tingkat pertumbuhan di kedua lokasi penelitian ini mendapatkan hasil dengan nilai > 2 dan < 3. Tingkat kemerataan jenis setiap tingkat pertumbuhan di kedua lokasi memiliki nilai > 0,6 sehingga masuk kriteria tinggi. Indeks dominasi tertinggi terdapat pada setiap tingkat pertumbuhan di RKT 2012 yang menunjukkan bahwa pada areal ini terdapat jenis yang mendominasi jenis lainnya, serta kedua lokasi ini memiliki indeks kesamaan yang mirip pada tingkat pertumbuhan semai, pancang dan pohon dengan nilai > 50% tetapi pada tingkat pertumbuhan tiang tidak mirip dengan nilai < 50% dan pada tingkat pohon yang memiliki kemiripan yang hampir sama diperoleh nilai 74,9% yang mendekati 100%.
Kata Kunci: Bekas tebangan; indeks nilai penting; indeks keanekaragaman; indeks kemerataan; indeks dominasi; indeks kesamaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI