DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Banjir Di Kota Banjarmasin Tahun 2021
PENGARANG:Ferel Anindya Adami
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-01-17


ABSTRAK

Ferel Anindya Adami, 1810411320023, 2021 “Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Banjir di Kota Banjarmasin Tahun 2021”. Dibawah bimbingan Taufik Arbain

 

Penelitian ini berangkat dari adanya kasus bencana banjir besar di Kota Banjarmasin pada awal tahun 2021yang memiliki dampak yang mana signifikan terhadap mobilitas penduduk. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi kebijakan penanggulangan bencana banjir di Kota Banjarmasin dan mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan Implementasi kebijakan penanggulangan Banjir di Kota Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Selain itu penelitian ini juga menggunakan sumber data primer yaitu wawancara dan observasi, kemudian data sekunder yaitu dokumentasi, berita, buku dan sebagainya.

 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sosialisasi dan komunikasi antar pemerintah dengan masyarakat mengenai kebijakan pembongkaran Jembatan Bangunan Gedung (JBG), dimana dinas terkait dihubungi pihak pengadilan, kepolisian, kejaksaan karena dianggap terkait semena-mena membongkar jembatan terlebih dahulu lalu memberikan surat edaran. Kemudian kebijakan normalisasi sungai dan pengerukan sungai di Kota Banjarmasin berjalan dengan baik karena masyarakat sangat mendukung kebijakan ini dilakukan secara berkala terus menerus dan dari aspek sumber daya finansial yang turut mendukung keberhasilan kebijakan normalisasi sungai dan pengerukan sungai di Kota Banjarmasin.

 

Saran dari peneliti adalah dengan terjadinya bencana banjir besar masyarakat Kota Banjarmasin diharapkan lebih peduli dan lebih memperhatikan kebersihan sungai dengan cara tidak membuang sampah ataupun limbah ke sungai. Kemudian, pemerintah diharapkan melakukan sosialisasi yang mendalam dan komunikasi yang baik dengan masyarakat pemilik Jembatan Bangunan Gedung (JBG) mengenai kebijakan pembongkaran jembatan yang menghambat aliran sungai, sehingga meminimalisir reaksi penolakan dan masyarakat yang terkait.

 

Kata Kunci: Implementasi, Kebijakan, Penanggulangan banjir, pembongkaran Jembatan Bangunan Gedung (JBG), Normalisasi Sungai

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI